Tuesday, June 18, 2013

Wafuku (和服) - Pakaian Tradisional Jepang

Wafuku (和服) merupakan berbagai pakaian etnis tradisional Jepang yang masih digunakan, terutama dipakai untuk upacara dan acara-acara khusus seperti pernikahan, pemakaman, upacara Seijin Shiki (成人式), dan festival-festival yang dilaksanakan di Jepang.

Wafuku (和服) terdiri atas 3 yaitu:
1. Kimono (着物)
2. Yukata (浴衣)
3. Hakama (袴)

1. Kimono (着物)
merupakan pakaian tradisional Jepang khusus untuk wanita yang berlapis-lapis seperti kue lapis dibantu dengan ikatan Obi pada bagian perut dimana dulunya sering digunakan namun sekarang akibat pengaruh modernisasi, wanita-wanita di Jepang beralih ke pakaian gaya Barat sehingga Kimono hanya dipakai pada beberapa acara-acara penting seperti wisuda (卒業式).

2. Yukata (浴衣)
merupakan pakaian tradisional Jepang yang unisex (pria dan wanita)pakaian santai berbahan katun tipis tanpa lapis dan cendrung hanya digunakan pada musim panas saja. Harga yukata juga jauh lebih murah dibandingkan Kimono, kira-kira 1 set Rp.500.000,-. Biasanya dibuat warna cerah untuk wanita dan warna gelap untuk pria.




3. Hakama (袴)
merupakan pakaian tradisional Jepang yang dulunya hanya dipakai oleh kaum Pria, namun sekarang ini juga dipakai oleh kaum wanita dimana Hakama ini digunakan dalam ilmu bela diri seperti Aikido, Kendo, Ai-Te dan sebagainya. Bukan hanya itu tetapi Hakama juga dipakai oleh pendeta Shinto setiap hari.

Men's Hakama

Woman's Hakama

Ingin membeli atau mengetahui info-info lebih lanjut?
Langsung aja pesan di:

Utsukushii - Japanese Yukata Maker
Phone = (021) 6859 5099
e-mail = utsukushiiyukata@gmail.com

No comments:

Post a Comment